ERIC NOAH


ARTIST PROFILE: ERIC NOAH
(BANDUNG-INDONESIA)

Hello Invaders...
mengawali rubrik “artist profile” Invaderwalls, kita mau buka-bukaan tentang profil salah satu street artist asal Kota Bandung yang saat ini dikenal dengan karya-karya realisnya. Udah tau siapa orangnya? Yup, Eric Christian a.k.a Noah! Street Artist kelahiran Bandung 20 Juni lulusan DKV ITHB 2007 ini, boleh dibilang multi talent juga loh. Selain minatnya pada graffiti, dia juga seorang Ilustrator, photographer dan juga video maker... hmm.
Ketertarikannya pada dunia street art dimulai sejak tahun 2008. Banyak street artist yang menginspirasinya seperti Daim, Maclaim, Does, Flying Fortress, Clogtwo, Antz, Smugone, Belin, dll. Gerah cuma bisa melihat karya-karya street artist favoritnya, ia mulai mencoba turun langsung ke jalanan dan mengeksplor banyak style, seperti wildstyle font, 3D font, sampai akhirnya fokus mengembangkan style karakter lingkaran imut berwarna kuning buatannya. “Kalo karakter kecil yang selalu saya bawa, yang kuning bulet itu, sebenernya sih dulu biar keliatan susah. bikinnya lingkaran bener-bener lingkaran, dan dikasih warna kuning biar mencolok aja dibanding warna lain gitu. kan jadi banyak yang nanya, gimana caranya bikin “buleud” sempurna gitu? Hahaha...” kata Eric.

Lama bermain-main dengan karakter kuningnya, ia merasa bosan dan akhirnya tanpa meninggalkan karakternya tersebut, awal tahun 2012 ia mulai mencari tantangan baru lewat karya-karya realis. “mulai tahun 2012 nyobain style realis dengan gambar muka orang, dan ternyata lebih ada tantangannya dan lebih banyak apresiasinya dibanding dengan gambar character yang itu-itu aja. Tahun 2013 saya buat project SNSD, gambar setiap personil SNSD di beberapa spot di Bandung setiap hari ulang tahunnya, awalnya project ini dibuat sebagai project latihan, karena udah sibuk sama kerjaan jadi gak sempet gambar-gambar lagi. tapi ternyata dari project ini, banyak kerjaan buat bikin graffiti masuk dan sampe sekarang jadi lebih sering ngerjain graffiti untuk komersil dibanding untuk bikin karya sendiri”. Ujarnya.

Nama “Noah” sendiri bukan nama sembarangan, Eric mengadopsinya dari salah satu nama Nabi yang bahkan kisahnya baru-baru ini diangkat ke layar lebar. “Nick di jalan dulunya sih NOAH aja, Cuma berhubung ada band baru pake nama itu, ya tetep pake nama noah sih, cuma penulisan pake huruf China ato pake www.ericnoah.com aja. Noah itu nama nabi, bukan nama band. Mungkin kalo dibilang kenapa pilih nya nama Noah, karena Noah itu yang bikin bahtera super gede yang akhirnya selametin semua binatang di bumi, dan selama pembangunan bahtera itu, dia dengan percaya sama Tuhan tetep kerjain bahtera yang super gede itu dalam waktu 120 tahun, jadi noah itu nama Nabi yang keren... Hehe” paparnya lagi.
Sama seperti writer lain, ia berharap masyarakat di Bandung, bisa mulai menghargai graffiti sebagai karya seni yang baik dan gak dianggap vandalisme. Ia juga punya misi besar untuk bisa memperkenalkan karyanya ke dunia luar. Ia menuturkan “Kedepan pengennya sih ya bisa berkembang ke dunia internasional. Kolaborasi dengan artist luar dan orang luat bisa kenal karya-karya saya. Sampe saat ini prosesnya lumayan baik, sesuai dengan keinginan saya, walau ga secepat yang saya bayangkan. Dari project tahun kemaren, banyak orang udah liat karya saya, dari website korea, jepang sampe brazil. Cukup kaget juga bisa sampe kemana-mana karyanya...”. Wow, amazing!

Definisi A Perfect Weekend sendiri menurut Eric sangat simple, “Perfect weekend itu, ga kena macet, bisa bareng orang-orang yang nyenengin dan ngelakuin hal yang diluar rutinitas seminggu sebelumnya” katanya. Where do we find you on weekend? “Random, saya ga biasa nangkring di suatu tempat karena weekend di Bandung sudah mulai penuh. kadang lebih milih gambar di suatu tempat aja”. Ada pesan buat temen-temen yang ingin coba membuat graffiti seperti kamu? “Keep calm and do graffiti. Jangan cuma coret-coret doang ga ada karyanya...” Tutupnya.
Cukup segitu dulu ya interview singkatnya. Thank you Eric Noah!

Contact & Portfolio Artist:
About Us Invaderwalls Invaderwalls adalah media online yang didirikan untuk memberitakan pergerakan street art yang terjadi di seluruh Indonesia. Facebook and Twitter