KLIFER

ARTIST PROFILE: KLIFER
(JAKARA-INDONESIA)


Nama asli kamu?
biasa di panggil Nurcha

Lahir dimana? tempat tinggal kamu sekarang?
gue lahir di jakarta, tempat tinggal di daerah sekitar pasar minggu

Kegiatan sehari-hari diluar status kamu sebagai street artist?
Mahasiswa, tapi kadang gue free lance kerja dan kebanyakan di bidang Arsitektur, Animasi 2D/3D.

Buat kamu, arti graffiti sendiri itu apa sih?
Aduh, ini harus dirasain. Tapi banyak yang bilang graffiti itu kriminal, kejahatan, atau apalah itu. Tapi selama gue gambar dan kepergok sama publik mereka malah support walaupun sebelumnya gak izin dulu. Karena menurut gue hal kaya gini nggak ngerusak apalagi kriminal, justru gue berharap kalo karya gue bisa di konsumsi dengan baik dan membuat sesuatu yang menginspirasi untuk publik.

Sejak kapan & kenapa bisa tertarik sama street art?
waktu gue SMP sering disuruh nulis binder temen taging taging trus gambar simple piece, ketemu sama anak anak sevensoul karena gue 1 sekolah sama mereka semua. Dan akhirnya kita sepakat untuk mengaplikasiin gambar graffiti yang udah di sketch di kertas terus di gambar di tembok bareng bareng.

Siapa orang pertama yang ngenalin kamu ke dunia street art?
Graver, awal gue gambar graffiti gue baru 1 atau 2 kali ketemu sama orangnya dan belum pernah ngobrol langsung. tapi setiap gue liat karya nya, gue gak tau kenapa bisa tertarik dari style gambarnya dan mungkin gak sengaja gue bisa gambar sampe sekarang karena dia.

Siapa sih street artist yang banyak menginspirasi karya-karya kamu?
Graver, Boogie, Cantwo, Sirum/Venom, Shake, 123 Klan.
Apa Nick yang biasa kamu pakai di Jalan untuk menandai karya kamu?
Kenapa kamu pakai nama tersebut? Apa ada historinya?
Klifer, Ini nama gue dari pertama gambar graffiti, karena dulu gue suka simbol dari “Copy Right” waktu nulis binder SMP ringkasnya hak cipta apa yang udah gue buat. Gue ambil C dan R nya trus gue ganti K karena lebih suka flow dari hurufnya dan gue tambahin “LIFE” karena nge gambar graffiti udah kaya jadi kebiasaan di hidup gue. Digabungin semua jadinya “KLIFER” yang artinya kebiasaan yang timbul di hidup gue yaitu “Graffiti”.

Warna yang paling kamu suka? Kenapa?
Yosmite yellow, Orange, magenta, java green, krypton green, banyak bgt. Gue suka soft colours atau warna pastel. Karena warna warna itu cocok buat di jadiin aksen atau di combine sama warna lainnya.

Seperti apa konsep dari karya-karya kamu? Kenapa lebih pilih Font/Letter?
Gue ngonsep biasanya dapet dari pas gue jalan jalan atau ngeliat sesuatu hal yang unik baru gue coba terapin ke gambar gue, tapi yang udah pernah gue coba ngegabungin dari beberapa pattern, shape, material, atau komponen di gambar gue. Sebenernya pernah nyoba bikin character tapi jam terbang gue banyak di font karena gue lebih suka bikin garis lurus.

Kenapa fokusnya dengan konsep tersebut?
Gue gambar untuk dikonsumsi sama publik, jadi gue lebih nonjolin estetika nya dari apa yang gue dapet sehari hari ke dalam gambar gue.

Punya crew/klan yang selalu full support kamu sepert keluarga sendiri?
Ada, SevenSoul Crew

Selain street art, hobi apalagi sih yg kamu suka?
Masak, karena tiap ada yang gue makan, gue pengen nyoba bikin sendiri.   

Darimana biasanya inspirasi datang?
Jalan jalan

Where do we find you on weekend?
street

Terakhir nih, apa pendapat kamu tentang street art di Indonesia?
Dari dulu sampe sekarang cepet banget berkembangnya, lebih semangat, antusias dan kritis. Keren!


Terima kasih sudah berbagi, Klifer! :D
About Us Invaderwalls Invaderwalls adalah media online yang didirikan untuk memberitakan pergerakan street art yang terjadi di seluruh Indonesia. Facebook and Twitter