CRACK


ARTIST PROFILE: CRACK
(JAKARTA-INDONESIA)


Hallo Invaders,
Kali ini kita mau kenalin salah satu writer yang dikenal dengan piecenya pecah-pecahnya. Langsung aja kita kenalan sama Reza a.k.a Crack. Bomber asal Jakarta yang pernah “numpang” lahir di Pulau Bali. Daripada penasaran sendiri, langsung aja kita baca hasil interview singkat kita sama orangnya.




Halo Mas-mas,

Nama asli lo siapa sih?
Halo invaderwalls salam kenal, nama asli gue reza nama yang cukup pasaran dan yang punya biasanya orang ganteng, kalo gue yang bilang ganteng Cuma nyokap doang.

Kegiatan sehari-hari diluar status lo sebagai writer?
Gue baru aja lulus kuliah dan sekarang lagi sibuk meniti karir jadi 3d artist dan illustrator di sebuah creative house di Jakarta.

Buat lo, arti graffiti sendiri itu apa sih?
Menurut gue sih graffiti itu kaya jalan keluar atau garis finish nya sebuah pemikiran, sebuah rutinitas diri lo yang setiap hari lo lakuin begitu terus menerus yang diatur oleh sebuah sistem. Nah disini graffiti berperan penting dalam hidup gue karena dengan graffiti lo bebas mau ngungkapin apaan aja yang ada di pikiran lo tanpa sangkut paut si system tadi, intinya sih graffiti menurut gue sendiri adalah sebuah kebebasan. Graffiti itu kaya sebuah alter ego diri gue.























Sejak kapan & kenapa lo bisa tertarik sama street art?
Gue mungkin kenal graffiti emang dari kecilnya suka gambar kali ya, mulai tau graffiti itu kira kira tahun 2000 dan gue mulai beralih dari yang suka jiplak gambar Son-Goku jadi mulai jiplak style style graffiti dari writer-writer di Indonesia sampe luar juga. Dari situ gue mulai sketching buat nyari style sendiri. Dan mulai berani nyoba turun ke jalan sekitar tahun 2008.

Siapa orang pertama yang ngenalin lo ke dunia street art?
Yang ngenalin gue sama graffiti sih secara personal gak ada, karya karya writer di tembok tembok lah yang ngenalin gue sama dunia graffiti itu sendiri.
Siapa sih street artist yang banyak menginspirasi karya-karya lo?
Street artist yang nginspirasi gue banyak banget, ini kalo ditulis tinta nya bisa abis haha. Semua street artist bisa dibilang nginspirasi gue karena semuanya punya style dan ciri khas yang berbeda beda. Dan merekalah yang selalu menginspirasi gue buat gambar di jalan. Gak harus street artist juga dari lingkungan, perilaku masyarakat juga bisa jadi inspirasi gue dalam berkarya.

Apa nama/Nick yang biasa lo pakai buat menandai karya-karya lo di Jalan?
CRACK

Kenapa lo pakai nama CRACK? Apa ada historinya?
Jujur gue pake nama ini bukan karena gue pemake yah haha. Sejarahnya gue dulu masih gaptek dan gak ngerti nginstal game di komputer, di cara instalisasi nya disuruh copy crack dan gue gak ngerti sama sekali hahaha. Alhasil gue pakelah nama crack sampe sekarang sebagai alter ego gue. Oh satu lagi biar keliatan keren dimata para gadis hahahaha.
( apa hubungannya ama gadis? :| )

Warna yang paling lo suka? Kenapa?
Gue suka warna warna pastel karena menurut gue warna warna nya itu eye catching banget terus langsung tabrakan sama warna warna tembok Jakarta yang kusam dan monoton yang bakal ngebuat para pengendara motor kepleset pas ngeliat gambar gue.























Bisa ceritain sedikit tentang diri lo dan perjalanan karya lo sebagai street artist?
Satu kata toy, gue seorang graffiti artist yang agak kurang peduli sama fame dan segala macamnya. Orang orang mungkin masih ngeliat gue sebagai pemain baru atau kasarnya disebut toy. Gue gak masalah dengan hal itu, yang paling penting sih lo berkarya atas diri lo terserah orang mau bilang apa. Tapi kalo upload ke Instagram hukum nya wajib ain lah biar dapet jodoh hahaha. Pokoknya sih Just do it aja kaya nike haha.

Bisa jelasin secara merinci, seperti apa konsep dari karya-karya lo?
Kalo ngomongin konsep sih gak ada ya, semuanya seakan mengalir kaya banjir di Jakarta yang sebentar lagi akan datang. gue mencoba graffiti letter dengan style amburadul atau wildstyle yang ada panah panah nya kalo kata adek adek minta pylox. tapi menurut gue konsep style gue adalah nomadenstyle yang bakal berubah ubah kaya bunglon kena step sampe di titik gue gak bakal pindah haluan dan nyaman sama style itu, dan sekarang gue masih terus explore agar jadi lebih baik lagi kedepannya.

Punya crew, klan atau forum yang selalu full support lo seperti keluarga sendiri?
Gue dulu sempet mikir kayaknya gue gak bakalan punya crew karena gambar gue jelek kaya orangnya, tapi ada satu keluarga cemara yang mau ngadopsi gue sebagai orang yang bakal jualan opak mereka tak lain dan tak bukan adalah HELLO LETTER TEAM, I love you guys.

Sebagai street artist, apa sih sebenernya target yang ingin lo capai?
Target nya bisa pacaran sama mba Chelsea islan hahaha, gak becanda deng. targetnya gak ada deh kayaknya, target gue cukup ngepuasin batin aja. Ya kalo eksistensi sama fame mah siapa yang gak mau, tapi semua itu pasti ngikutin lo kalo esksistensi lo berjalan juga di scene ini. asik

So, gimana pendapat lo tentang pencapaian lo sampai saat ini di dunia street art?
Pencapaian gue di dunia graffiti adalah bisa kenal dan buat graffiti bareng sama pelaku graffiti itu sendiri adalah sebuah pencapaian yang besar menurut gue.

Seperti apa definisi “the perfect moment” versi lo?
The perfect moment menurut gue sih ketika Jakarta mendung sama gak macet. That’s all!

Darimana biasanya inspirasi datang?
Macem macem, mulai dari music, film, ilustrasi ilustrasi artist luar yang bikin lo bilang kapan gue bisa bikin kaya gitu, sama perilaku masyarakat di lingkungan sekitar.























Well bro, segitu dulu cukup kali ya, kita buka-bukaan tentang Mas.Crack, kalo di terusin gabakalan ada abisnya kayanya ngobrol ama dia. Satu lagi nih, pendapatnya tentang scene graffiti di Indonesia:

“Street art di Indonesia parah kenceng banget gaya lo internetan di bawah sutet telk*msel, gila banyak banget street artist baru dengan style yang beragam dan gue bilang udah kaya bule abis, lo bakalan susah ngeliat ini orang bule apa Indonesia yang buat. street art Indonesia udah selevel international deh pokoknya. Salut buat street art di Indonesia. Satu lagi buat adik adik yang baru mencoba graffiti cobalah hormati gurumu sayangi teman itulah tandanya kau graffiti artist budiman.” (ngaco).
Okay, thank you so much for the interview Crack. Keep Bombing!!!

*soal TTS kalian tanya langsung aja ama orangnya :v

Contact & Portfolio Artist:
Twitter: https://twitter.com/crack_hlt
Facebook: http://facebook.com/rezacrack
About Us Invaderwalls Invaderwalls adalah media online yang didirikan untuk memberitakan pergerakan street art yang terjadi di seluruh Indonesia. Facebook and Twitter